Academic Orientation

2 minggu sebelum perkuliahan dimulai acara FEP dilanjutkan dengan Academic Orentation (AO). Tujuan dari AO adalah memperkenalkan kurikulum dari masing-masing jurusan, materi dasar jurusan, para dosen dan pembimbing akademik, dan mengajari study skills. Di AO kelas dari GO dibagi lagi dan dicampur dengan kelas-kelas lain dari batch lain. Saya bergabung dengan LO01 selama kegiatan AO.

AO berlangsung selama 7 hari, dari tanggal 5-15 September 2016. Jadwal AO sudah mirip dengan jadwal kuliah agar para mahasiswa baru dapat menyesuaikan diri dengan jadwal kuliah yang berbeda dengan jadwal SMA. Kegiatan hari pertama pada hari Senin adalah sesi pengenalan tentang algoritma, hal yang sangat penting dalam jurusan Teknik Informatika. Sesi terakhir di hari pertama adalah teknik membaca, menulis, dan cara membuat mind map. Teknik membaca sangat penting karena textbook yang kita dapat sangatlaht tebal dan banyak sekali isinya. Dengan teknik membaca yang benar kita dapat mendapatkan informasi yang kita butuhkan dengan cepat dan akurat.

Di hari Kamis berikutnya kami melanjutkan pengenalan terhadap algoritma. Di hari ini kami sudah mulai belajar cara membuat pseudo code. Hari esoknya kami diberitahu tentang kurikulum dan support-support center untuk mahasiswa.

Kegiatan AO dilanjutkan di hari Selasa, tanggal 13. Hari itu kami pertama kali masuk lab dan secara langsung mencoba membuat coding. Di hari Rabu ada pengenalan terhadap informasi teknologi.

Di hari terakhir AO kamu bertemu dengan dosen pembimbing kami selama menjalankan perkuliahan. Dan ada test di sesi terakhir untuk menguji pemahaman kita tentang materi-materi yang disampaikan selama AO, terutama tentang algoritma/coding dan informasi teknologi.

Dengan berakhirnya AO berakhir juga masa FEP, dan kita para mahasiswa baru sudah resmi menjadi Binusian. See you guys in BINUS !

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *